Membuat Puding Tape Singkong Gula Merah Lezat Dan Segar

Resep Singkong Gula Merah oleh Yunni Bunda Couple A Cookpad
Resep Singkong Gula Merah oleh Yunni Bunda Couple A Cookpad from cookpad.com

Puding tape singkong gula merah adalah salah satu hidangan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kombinasi antara rasa manis gula merah dengan aroma segar dari buah tape yang disajikan dalam bentuk puding yang lembut, menjadikan hidangan ini sangat disukai oleh anak-anak dan orang dewasa.

Puding tape singkong gula merah yang lezat dan segar dapat Anda buat sendiri di rumah. Anda hanya perlu beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional atau di supermarket. Bahan-bahan tersebut adalah gula merah, singkong, tape, santan, dan tepung maizena. Dengan bahan-bahan ini, Anda sudah siap untuk membuat puding tape singkong gula merah yang lezat dan segar.

Langkah-Langkah Pembuatan Puding Tape Singkong Gula Merah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Anda harus menyiapkan 500 gram singkong yang sudah dikupas dan diparut. Kemudian, Anda harus menyiapkan 300 ml santan, 3 sendok makan gula merah, 1 sendok teh tepung maizena, dan 3 buah tape yang sudah dikupas dan dipotong-potong.

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, Anda bisa mulai membuat puding tape singkong gula merah. Pertama-tama, Anda harus menyeduh singkong parut dengan air panas hingga layu. Setelah itu, masukkan santan, gula merah, dan tape ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Lalu, tuangkan tepung maizena ke dalam panci, aduk rata, dan masak hingga mendidih.

Setelah mendidih, tuangkan santan dan bahan lainnya ke dalam loyang. Anda juga bisa menambahkan beberapa potongan tape di atasnya. Lalu, masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dan panggang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat loyang dari oven dan dinginkan hingga suhu ruangan. Anda bisa menambahkan beberapa potongan tape di atasnya sebagai hiasan. Puding tape singkong gula merah Anda sudah siap disajikan.

Tips Untuk Membuat Puding Tape Singkong Gula Merah Yang Lezat dan Segar

Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk membuat puding tape singkong gula merah yang lezat dan segar adalah:

  • Pastikan untuk membeli tape yang masih segar dan berwarna cerah.
  • Kupas dan potong tape menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah diproses.
  • Anda juga bisa menambahkan perasa atau gula jawa untuk menambah rasa puding.
  • Jangan lupa untuk memasukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya.
  • Buka oven secara berkala untuk memeriksa apakah puding sudah matang.
  • Sajikan puding tape singkong gula merah yang Anda buat dengan segelas susu atau jus buah untuk menambah kenikmatan.

Kesimpulan

Dengan beberapa bahan yang mudah ditemukan, Anda sudah bisa membuat puding tape singkong gula merah yang lezat dan segar. Puding ini bisa menjadi hidangan yang disukai oleh semua orang di rumah. Jadi, jangan lupa untuk mencoba membuat puding tape singkong gula merah di rumah Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indulge in Divine Delights: Irresistible Chocolate Truffle Recipes!

Decadent Delights: Master the Art of Cake Making with This Tantalizing Recipe!

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dari 50 Ke 40 Kg